Contoh Proposal Bisnis

Tujuan Pembelajaran:
Mengetahui  contoh proposal bisnis 

Sebuah bisnis yang ideal membutuhkan proposal usaha yang baik. Kenapa? Karena bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, seperti bahan baku, biaya yang dibutuhkan, proses produksi dan lainnya.
Proposal usaha berkaitan dengan banyak faktor, seperti analisis SWOT, modal, detil produk atau jasa yang akan dijual. Dalam bisnis, proposal ada berbagai macam jenis dan dibedakan berdasarkan bidang usahanya.

Dalam pelajaran kali ini ibu akan membagikan 3 contoh proposal usaha untuk usaha makanan, minuman.

Contoh Poposal Usaha Makanan

Ayam Geprek Tralala
1. Ringkasan
 Konsep
Ayam geprek tralala merupakan makanan berbahan dasar ayam goreng tepung yang dibalut dengan berbagai macam sambel nusantara. Produk ini dapat menjadi pilihan makanan bagi orang-orang yang ingin menyantap ayam geprek dengan harga yang murah dan rasa yang menawan.

Manajemen
Usaha ini digawangi oleh empat orang mahasiswa yang ingin memberikan pilihan kuliner bagi setiap orang tanpa terbatas.

2. Deskripsi Usaha
Deskripsi produk
Ayam geprek Tralala mengambil konsep makanan ayam geprek yang murah serta dilengkapi dengan pelengkap yang sering ditemui seperti tahu, tempe, dan lainnya. Sambelnya dibuat variatif mulai dari dabu-dabu, sambal matah, dan lainnya.

Strategi produk
Keunggulan ayam geprek tralala terletak pada penyajian sambelnya yang sangat unik karena mengambil varian sambel yang jarang ditemukan pada ayam dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

3. Harga
Produk akan dijual dengan harga Rp 20.000 yang berisi ayam, sayuran lalapan, nasi dan sambal.

4. Promosi
Promosi akan dilakukan lewat sosial media dan media offline berupa spanduk dan brosur.

5. Target pasar
Target pasar menjangkau semua kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa serta berbagai profesi dan kelas sosial.

6. Analisa SWOT
Kompetitor
Ada banyak penjual yang juga menjual ayam geprek. Karena itu, ayam geprek tralala fokus dalam penyajian ayam yang renyah dan dibalut sambel yang beragam.

Kelebihan
Untuk saat ini, tidak ada penjual ayam geprek yang menyajikan banyak sambal sehingga, ayam geprek tralala masih unggul.

Kelemahan
Kesamaan jenis produk yang dijual

Opportunity
Peluang produk yang berbeda sehingga bisa disukai banyak orang.

Contoh Proposal Usaha Minuman

Es Cendolicious
Ringkasan
Konsep
Mengusung konsep minuman tradisional, pemilik usaha ingin membuat minuman tradisional tidak kalah dengan minuman modern dengan mencampurkannya dengan bahan-bahan yang sedang hype mulai dari boba, manga, dan juga bahan-bahan lainnya.

Manajemen
Usaha ini digawangi oleh satu pemilik modal yang dilengkapi dengan tiga orang karyawan yang membantu operasional penjualan.

Deskripsi Usaha
Deskripsi produk
Cendolicious memasang cendol sebagai bahan komoditi utama untuk penjualan. Bedanya, cendol akan dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya mulai dari jus buah-buahan, susu, boba, dan juga lainnya.

Strategi produk
Dengan menggunakan kombinasi yang unik dan belum pernah dilakukan, Cendolicious diharapkan dapat memikat banyak orang serta memberikan sensasi minuman yang unik dan belum pernah dirasakan orang-orang sebelumnya.

Harga
Produk akan dijual dengan harga Rp. 15.000 dan konsep drink-to-go dimana, orang-orang dapat menikmati minuman tanpa harus di tempat.

Promosi
Promosi akan dilakukan via website, sosial media dan offline berupa pemasangan iklan di majalah kuliner dan pemberian brosur.

Target pasar
Kalangan milenial yang dikenal sebagai konsumen utama pasar dimana, mereka gemar jajan minuman drink-to-go.

Analisa SWOT
Kompetitor
Tren minuman drink-to-go yang sedang populer memunculkan banyak produk serupa.

Kelebihan
Hingga saat ini, belum ada yang pernah menjual cendol dengan variasi bahan-bahan lainnya.

Kelemahan
Minuman yang dijual kalah populer dibandingkan minuman drink-to-go lainnya.

Opportunity
Variasi minuman yang unik sehingga berpeluang lebih banyak disukai orang-orang.

Kesimpulan
Proposal usaha memang dibutuhkan agar membantu orang dalam melihat hal-hal apa saja yang harus diketahui dalam membangun sebuah usaha. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan aspek lainnya dalam usaha, seperti aspek keuangan. Bak bensin, aspek keuangan berfungsi agar bisnis tetap berjalan dan produksi tetap lancar. 

Catatan:

Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang memengaruhi keempat faktornya, kemudian dipetakan dalam gambar matriks SWOT:

  • kekuatan (strengths) yang mampu mengambil keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada,
  • kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada,
  • kekuatan (strengths) yang mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan
  • kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Sekian pelajaran proposal bisnis  kali ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer