PROPOSAL BISNIS CAFE " SARANGHEYO KOREAN FOOD "

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH

Setelah memikirkan apa yang akan saya lakukan setelah lulus , saya lebih memilih untuk membangun usaha sendiri karena menurut saya dengan membuka usaha sendiri akan lebih menghemat tenaga juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,kesejahteraan masyaarakat sekaligus upaya melestarikan lingkungan.

Selain itu karena maraknya demam korea yang ada di Indonesia, memberikan saya ide untuk membuka sebuah café and resto yang khusus menyajiakan makanan dan minuman khas korea. Juga melihat peminat korea yang begitu banyak khususnya di kota malang ini, maka akan memudahkan untuk mempromosikan usaha kami.

Remaja adalah salah satu pertimbangan kami untuk mendirikan usaha ini, karena mengingat penggemar korea lebih banyak dari kalangan remaja. Selain untuk tempat makan, café juga bisa digunakan untuk nongkrong. Pemfasilitasan yang mencukupi juga akan meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap usaha kami. Dengan konsep yang berbeda dari café-café yang sudah ada

B. TUJUAN USAHA
Untuk belajar berwirausaha, Mengembangkan kreativitas, Memberikan layanan kepada konsumen, Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, memperoleh laba, membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat, meningkatkan pendapatan dan taraf hidup bagi usaha, memberikan contoh kepada masyarakat untuk menjadi seorang pengusaha.

BAB II
GAMBARAN UMUM USAHA
A. DESKRIPSI USAHA

Sarangheyo Korean Food ini akan didirikan pada 22 Juni 2021. Café kami menawarkan berbagai menu makanan dan minuman khas Korea. Tidak hanya itu kami juga menjual berbagi aksesori dan barang-barang yang berhubungan dengan dunia hiburan Korea.

Berjalannya usaha tentunya banyak sekali kritik dan saran dari pihak luar untuk melakukan pembenahan, pembaharuan serta pengembangan usaha agar kemakmuran dan kesuksesan tetap terjaga dalam perusahaan ini. Perencanaan sistematis yang digunakan sebagai pengembangan karakter serta jadi diri wirausaha yang professional dalam mengembangkan efisiensi dan efektifitas kegiatan produksi perusahaan.
Jam operasional cafe ini dimulai pukul 10.00 s/d 23.00 WIB dengan segmen pasar yaitu mahasiswa/i, pelajar/remaja dan para penikmat Kpop lainnya.
Adapun beberapa perbedaan fasilitas yang di tawarkan café kami yaitu:

1. Hospot area
Setiap pelanggan yang datang ke café kami dapat menggunakan fasilitas free Wifi yang di sediakan di café kami. System di café kami yaitu pelanggan adalah prioritas utama, jadi setiap

2. Konsep yang berbeda
Café kami memberikan kenyaman tempat yang berbeda dengan café yang lain. konsep yang menarik dan tidak memberikan kesan membosankan akan menarik perhatian para pelanggan. Kami mengambil konsep Klasik dengan beberapa interior yang terbuat dari kayu, namun berkesan modern karena adanya berbagai hiasan dan pernak-pernik khas Korea. Kami juga memasang berbagai poster dan foto dari public figur Korea. Sehingga memberikan kesan yang menarik.

3. Memberikan bonus/discount
Bagi pelanggan yang memiliki kartu pelanggan akan mendapatkan potongan 20% setiap pembelian produk di café kami. Dan setiap tahun baru kami akan membagikan hadiah undian kepada para pelanggan yang mendapatkan kode tertentu.

4. Full music
Tidak hanya poster dan foto-foto tetapi kami juga menayangkan berbagai music video yang menambah kesan menyenangkan.
             
B. IDENTITAS PERUSAHAAN

· Nama dan Alamat Perusahaan

Nama : Sarangheyo Korean Food

Alamat : Jl. Cinta  No. 1 Medan

No.Tlp : (0622) 252 141

E-Mail : SarangheyoKFood@Gmail.Com

Instagram/ : Sarangheyo_KFood_Medan

· Nama dan Alamat Penanggung Jawab

Nama : Nova  Widia Ningsih

Alamat : Jl. Sayang No.10 Medan

No.Tlp : 085727609354

E-Mail : Nova.22@gmail.com


BAB III
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

A. STRATEGI PEMASARAN
Strategi yang akan kami terapkan di Starlight Korean Food yaitu :

o Membuat pamflet, banner dan brosur yang berisikan produk-produk yang akan kami jual dan menyebarkannya di tempat-tempat yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas.
o Memasang iklan di dunia internet khususnya social media seperti facebook, twitter, instagram yang banyak di ketahui oleh para kaula muda.
o Membuat katalog yang berisikan tentang keadaan Starlight Korean Food dan berbagai macam produk yang ada, dari mulai menu utama sampai menu yang lainnya.
o Menjaga cita rasa hidangan dan memberikan pelayanan yang memuaskan.
o Mounth to Mounth, yaitu promosi melalui para kosumen yang sudah datang dan merasakan pelayan di tempat kami. Jika mereka puas dengan pelayanan kami, maka mereka akan menyebarluaskan berita tersebut. Secara tidak langsung para konsumen sudah membantu dalam proses promosi.

B. TARGET / SEGMEN PASAR YANG DITUJU
      
Starlight Korean Food ini membidik semua kalangan tapi lebih mengacu pada kalangan menengah kebawah seperti para Kaula muda dan mahasiswa dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan tetapi juga tidan mengesampingkan kualitas produk sebagai tujuan utama kedai kami.

C. ANALISIS SWOT
a) Strenghts (kekuatan)
§ Harga terjangkau
Harga yang dipatok untuk makanan dan minuman di Starlight Korean Food cukup beragam, namun tetap ramah di kantong. Kami mematok mulai harga Rp. 10.000.
§ Kualitas baik dan terjamin
§ Memiliki ciri khas
§ Fasilitas memadai
Kenyamanan akan diraih jika penyediaan fasilitasnta lengkap, maka hal itu lah yang kami prioritaskan.
§ Tempat yang bersih dan nyaman
Sehingga Pelanggan tidak was-was dalam menikamati makanan maupun minuman di café kami. Dan pelanggan akan merasa betah berlama-lama.
§ Pelayanan yang memuaskan
Kepuasan anda merupakan prioritas kami, kami menjunjung tinggi “Service with love” dan menomorsatukan pelanggan. Hal ini kami jamin karena proses perekrutan karyawan sangatlah kami perhatikan
§ Lokasi yang strategis
Kami telah memilih tempat usaha kami di pusat kota Malang yang mana lokasi ini merupakan tempat yang ramai dengan aktifitas masyarakat.

b) Weakness (kelemahan)
§ Keberadaan bahan baku yang baik dan berkualitas sangat minim
Kami harus selalu menyeleksi apa yang akan kami gunakan untuk kualitas produk kami. Serta kurangnya ahli/juru masak khas masakan korea.

c) Oportunities (peluang)
§ Terdapat banyak masyarakat khususnya anak muda yang begitu menggemari Korean Food.
§ Permintaan pasar yang selalu meningkat.

d) Threats (ancaman)
Akan ada banyak Caffe yang akan didirikan dengan harga, menu makanan dan minuman yang bersaing. Selain faktor dari minuman itu sendiri, faktor cuaca dan musim juga menjadi problema yang sulit. Berikut adalah ancaman-ancaman lainnya :

§ Muncul produk baru yang lebih unggul.
§ Kenaikan harga bahan baku karena terbatas.
§ Adanya kompetitor yang lebih dikenal masyarakat.
       
BAB IV
PRODUK YANG DIHASILKAN

A. KUALITAS PRODUK
Kualitas Produk di Starlight Korean Food kami memiliki kualitas yang baik karena kami sudah memilih bahan-bahan yang terbaik dan berkualitas tinggi. Serta kami sangat memperhatikan dalam proses perkrutan pegawai.

B. KUANTITAS PRODUK
 Dengan menggunakan bahan-bahan yang masih fresh dan terjamin mutunya. Untuk makanan dan minuman kami akan menyajikannya dengansatu kali sajian. Sehingga tidak ada makanan maupun minuman yang basi/ menginap. Restoran kami sangat menjunjung kualitas produk dari restoran kami.

C. KEISTIMEWAAN
Keistimewaan produk dari restoran kami yaitu masakan dimasak langsung oleh orang asli Negeri Gingseng tersebut. Sehingga saat menikamati produk dari restokan kami para pelanggan tidak akan dikecewakan


BAB V
ANALISA KEUANGAN

A. ASAL MODAL
1. Pribadi Rp. 15.000.000
2. Investor Rp. 30.000.000

B. SEBARAN MODAL
1. Sewa Gedung Rp. 2.500.000
2. Peralatan
- 20 Set Meja dan Kursi @350.000 Rp. 7.000.000
- 3 Meja Dapur @3.000.000 Rp. 9.000.000
- 3 Kompor Besar @300.000 Rp. 900.000
- 2 Set Peralatan Masak @1.200.000 Rp. 2.400.000
- 2 Rak Gantung @500.000 Rp. 1.000.000
- Rak Piring Rp. 200.000
- 5 Lusin Sendok @12.000 Rp. 60.000
- 5 Lusin Piring Saji @50.000 Rp. 250.000
- 3 Lusin Piring Kecil @ 25.000 Rp. 75.000
- Blender Rp. 265.000
- 4 Pacs Sumpit @30.000 Rp. 120.000
3. Perlengkapan
- 10 Kotak Tisu @10.000 Rp. 100.000
- Poster, Accesories, dan Pernak-Pernik Rp. 300.000
- 25 Vas Bunga @20.000 Rp. 500.000
- Wallpaper Rp. 100.000
- 10 Pacs Tisu @10.000 Rp. 100.000
4. Biaya LAT Rp. 650.000
5. Biaya Transportasi dan Promosi
(termmasuk brosur,panflet,dll) Rp. 400.000
6. Biaya Gaji Karyawan Perbulan Rp. 10.000.000
7. Biaya Pembelian Bahan Baku Rp. 4.000.000
8. Biaya pembelian Seragam karyawan Rp. 600.000
9. Biaya pembelian Alat Pembersih Rp. 100.000
10. OPERASIONAL Rp.(4.280.000)
JUMLAH Rp. 45.000.000


C. PREDIKSI PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN
1. Penjualan Makanan Perbulan Rp. 12.000.000
2. Penjualan Minuman Perbulan Rp. 9.600.000
3. Penjualan Dessert Perbulan Rp. 5.000.000
4. Biaya Pengeluaran Perbulan (Rp. 16.600.000)
Total Pendapatan Rp. 10.000.000
Laba Perbulan Rp. 10.000.000

D. PEMBAGIAN KEUNTUNGAN
1. Operasional Usaha 40% Rp. 4.000.000
2. Pelaksana 30% Rp. 3.000.000
3. Investor 30% Rp. 3.000.000


BAB VI
PENUTUP

A. KESIMPULAN

Cafe kami merupakan cafe masa kini yang berkualitas serta mengedepankan kepuasan pelanggan, selain menyajikan masakan ddan minuman korea kami juga menawarkan berbagai dessert dan minuman yang tentunya masalah harga sudah tidak perlu di pertanyakan. Sangat terjangkau dan pas buat kantong pelajar / mahasiswa yang hanya ingin sekedar Hang-out atau Nongki. Kita juga memiliki interior indoor dan outdoor yang bagus dan kekinian.



Komentar

Postingan Populer